Macam-macam Aksesoris Rambut

Semalam Mecha maen-maen di toko aksesoris teman Mecha yang lagi buka cabang baru di pasar tingkat. Sebenernya Mecha disuruh datang dua hari sebelumnya buat ngebantuin ngecat dan ngatur tata letak talasinya. Tapi karena di rumah Mecha juga sibuk karena sejak pindah pasar itu kita jadi tambah rame, makanya baru sempat datang semalam buat ngebantuin nyetok barang-barang. Toko teman Mecha itu termasuk lengkap lho koleksinya. Cuma semalam kita baru ngeluarin aksesoris rambut dan menatanya dalam talasi sehingga itulah yang pingin Mecha bahas sekarang.
1. Karet rambut:
Ya ini karet rambut biasa itu yang bisa mulur-mulur. Biasanya warna tunggal atau polos, tapi banyak juga yang berwarna-warni dan ditambahi dengan pernak-pernik seperti manik-manik, buku-bulu maupun payet-payet. Cara memakainya sangat sederhana, tinggal masukkan rambut ke dalamnya, kemudian rapatkan dengan memasukkannya berulang kali, kemudian lepaskan. Karet rambut akan mengikat rambut dengan erat. Untuk dandanan simpel dan sportie, karet rambut adalah pilihan yang tepat, karena selain praktis, dia juga nyaman. Untuk penampilan lebih feminin maupun glamor bisa menggunakan pilihan warna-warni serta tambahan pernak-pernik cute yang bisa dipadu-padankan dengan pakaian dan aksesoris lain.

2. Jepit rambut:
Jepitan yang seperti mulut buaya itu… yang biasanya terbuat dari plastik tapi ada juga yang terbuat dari besi. Warna dan bentuknya juga beragam, ukurannya juga macam-macam. Cara memakainya tak kalah gampangnya dengan karet rambut, kita tinggal menarik sisi belakang jepitan yang terdapat per yang memakai sistem pegas hingga bagian depan jepitan yang manyerupai mulut buaya atau singa itu terbuka sampai batas tertentu, kemudian posisikan rambut di tengah-tengah mulut jepitan yang terbuka tadi dan lepaskan atau kendurkan tarikan pada bagian belakang jepit yang berpegas sehingga jepitan mengatup dan rambut terikat otomatis. Hasil ikatan rambut dengan jepitan ini berbeda dengan karet rambut karena jepitan ini lebih tepatnya hanya menjepit rambut dan tidak benar-benar mengikatnya. Pada hasil ikatan karet rambut, rambut yang diikat itu terikat sempurna dengan kencang sedangkan hasil ikatan jepitan ini agak longgar, bahkan ketika dipakai jepitan ini kerap melorot bahkan terlepas jika terlalu banyak melakukan gerakan. Jepitan rambut ini sangat bisa menampilkan sisi feminin perempuan, jika ingin menunjukkan keindahan rambut yang setengah tergerai dan setengah terikat, memakai jepitan rambut adalah pilihan yang sesuai. Usahakan optimasi pemilihan warna yang sesuai dengan busana dan aksesoris lainnya, gunakan ukuran jepitan yang lebih besar untuk mengikat lebih banyak rambut dan pilih yang kecil untuk sebaliknya. Hindari memakai jepitan yang ukurannya besar sedangkan kamu memiliki kepala yang kecil dengan rambut yang tipis. Selain itu pastikan juga hasil jepitanmu cukup rapi tanpa adanya rambut yang semburat dan mencuat ke sana-ke mari karena jepitan yang tidak menyeluruh atau karena tidak berhasil menempatkan seluruh rambut ke bagian tengah jepitan.

3. Jepitan tip-top:
Jepitan tip-top ini adalah jepitan yang cukup unik. Bentuknya mungil, kira-kira setengah sampai sepanjang jari kelingking. Bentuknya terbatas pada bentuk segi empat maupun persegi panjang, elips dan segitiga kurus lancip. Ragam warna dan tekstur jepitan ini diberikan di sekitar seluruh bagian pinggiran jepit. Di bagian tengah jepit terdapat sebuah plat besi atau logam yang digunakan untuk mentip-top jepitan ini. Cara pakainya sangat mudah. Tekuk jepitan tip-top ke belakang hingga besi di bagian tengahnya itu menganga terbuka. Kemudian, sisipkan jepitan itu pada bagian rambut di sekitar dahi dan telinga atau bagian mana saja yang mau dijepit. Tekuk kembali jepitan tip-top ke arah sebaliknya hingga jepitan merapat dan rambut terjepit sempurna. Untuk mempermanis penampilan rambut yang pendek dan tidak bisa diikat dengan karet rambut maupun jepit rambut, jepitan tip-top adalah pilihan yang pas. Namun pemilik rambut panjang pun dapat mempergunakan jepitan ini untuk mempermanis penampilan rambutnya yang tegerai. Jepit tip-top lebih memberikan kesan penampilan yang soft, feminin dan casual untuk pemakainya. Jepit ini dapat digunakan lebih dari satu asalkan jangan berlebihan memakainya. Perhatikan pemilihan warna dan bentuk jepit ini, alangkah baiknya jika hendak memakai lebih dari satu jepit tip-top, usahakan memilih warna yang senada dan bentuk yang sama.

4. Jepitan selip:
Ini jepitan yang bentuknya memanjang mirip seperti lidi. Biasanya warnanya hitam tapi sekarang sudah banyak pilihan warna dan model jepitan selip. Selain warna, ada juga jepitan selip yang diberi penambahan pernak-pernik pada sisi atasnya yang sedikit lebih pendek dari sisi bawahnya seperti permata imitasi, bunga-bunga kaca, boneka-boneka plastik dan banyak lagi. Cara memakainya tidak jauh beda denga jepitan tip-top, yakni diselipkan pada rambut. Pertama-tama kita buka kedua sisi batang jepitan dengan tangan hingga terdapat celah untuk menyisipkan rambut, tahan dengan jari hingga celah tetap terbuka. Sisipkan pada rambut di sekitar telinga maupun dahi yang mau dijepit, lepaskan jari dan rambutmu sudah terjepit. Cara penggunaan jepitan ini selebihnya sama dengan jepitan tip-top di atas. Hanya saja, jepitan tip-top dapat digunakan di bagian rambut mana saja, sedangkan jepitan selip hanya cocok digunakan pada rambut di sekitar wajah karena jepitan tip-top ketika dirapatkan akan mengatup dengan indah sehingga pas diletakkan di mana saja sedangkan jepitan selip ketika dilepaskan pada daerah tertentu seperti bagian lengkungan kepala akan mencuat sebab bentuknya yang memanjang dan kaku.

5. Tusuk konde:
Aksesoris ini sudah terkenal sejak jaman dahulu kala dan merupakan aksesoris rambut yang paling tua alias lebih dulu ada. Namun model dan bentuk tusuk konde untuk remaja saat ini cukup modern dan beragam. Tusuk konde yang saat ini lagi beredar di pasaran adalah tusuk konde yang terbuat dari besi dan dihiasi oleh makram atau manik-manik yang indah. Cara pemakaiannya terlihat mudah padahal cukup sulit. Kita harus tau bagaimana cara melipat rambut dan menusukkan tusuk konde dengan benar agar rambutmu terkunci sempurna. Ironisnya, walaupun tusuk konde sudah dikenal dan digunakan oleh bangsa Indonesia sejak sekian lama, namun penggunaan aksesoris ini memberikan kesan oriental kepada pemakainya.

6. Pencengkeram rambut:
Pencengkeram rambut di sini adalah aksesoris rambut yang terbuat dari batangan-batangan plastik dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat dibuka dan ditutup hanya dengan menggeser letak batangan-batangan itu. Bentuk yang Mecha lihat sejauh ini hanyalah bentuk batangan plastik yang saling silang dengan banyak pilihan warna dan tekstur yang beragam pada permukaannya. Cara menggunakan pencengkeram ini cukup ribet, kita tinggal membuka rangkaian batangan pancengkeram dengan menggeser-geser letak batangan yang tadinya rapat menjadi berongga, kemudian, masukkan rambut yang mau dicengkeram ke dalam lubang pencengkeram. Setelah itu, rapatkan pencengkeram, dengan menggeser kembali batangan-batangan pencengkeram tadi hingga merapat seperti semula. Aksesoris ini memang ribet makenya, tapi hasil cengkeramannya sangat artistik karena dapat menghasilkan untaian rambut yang berjatuhan dengan begitu elegan yang tidak mungkin didapatkan dari karet rambut maupun penjepit rambut mulut buaya. Pencengkeram rambut ini biasanya cocok dipakai untuk acara-acara seperti pesta atau manggung dalam event-event tertentu yang diikuti. Pencengkeram rambut dapat memberikan kesan glamor dan sensual kepada pemakainya. Biasanya pemakaian hiasan rambut ini dipadukan dengan dandanan gothic yang lumayan dark. Jadi hasilnya misterycal gothic glamorous gitulah.

7. Jepitan besi:
Jepitan besi adalah jepitan rambut dengan beragam warna, bentuk dan variasi yang di belakang atau di bawahnya itu terdapat penjepit dari besi yang untuk membukanya kita cukup menekan kedua sisi bagian salah satu ujung jepitan sehingga dapat meloloskan besi pengunci jepitan tersebut. Cara pamakaian jepitan ini tinggal kita buka seperti tadi, kemudian sisipkan besi pengunci ke belakang rambut yang mau dijepit, terus lipat bagian depan jepitan ke depan sehingga rambut berada di tengah jepitan. Tekan kedua sisi jepitan hingga merapat dan besi pengunci terkunci sempurna yang ditandai dengan bunyi ceklikan samar. Jepitan ini merupakan jepitan rambut serba guna yang dapat dipakai oleh siapa saja dan dalam situasi apa saja. Pemakaian eksesoris ini dapat memberikan kesan feminin maupun sporty tergantung dari bentuk dan warna yang dipilih. Bahkan ada beberapa design yang dapat memberikan kesan glamour. Cuma, pada umumnya aksesoris ini lebih memberikan kesan casual bagi pemakainya. Untuk merapikan rambut panjang yang tergerai, jepitan ini adalah pilihan yang tepat.

8. Sarang rambut:
Ini jenis aksesoris yang menyerupai sisir namun dengan gagang yang artistik. Gigi sisirnya juga tidak seperti sisir asli, dan jarang-jarang. Aksesoris ini tersedia dalam ukuran, bentuk, warna dan hiasan yang sangat beragam. Cara memakainya sangat mudah, tinggal disisirkan pada permukaan rambut. Fungsi aksesoris ini adalah menahan atau menyangga ranbut, bukan mengikat atau menjepit rambut. Pemakaian hiasan rambut ini akan memberikan kesan feminin dan casual. Aksesoris ini juga sesuai dipakai oleh siapapun dalam situasi apapun.

9. Pita:
Yaelah, siapa sih yang kagak tau sama pita? Selembar kain warna-warni yang mempunyai lebar yang sangat minim dan panjang tak terkira. Ukuran dan warna-warni pita itu sangat beragam, begitu juga motifnya, ada yang polos, ada juga yang bertekstur atau bergambar designn tertentu. Cara memakainya pada dasarnya tinggal diikatkan saja pada rambut, namun sebenarnya pita itu masih dapat diaplikasikan dengan berbagai macam cara. Pemakaian eksesoris ini dapat memberikan kesan childish bagi pemakainya. Namun dengan kolaborasi yang cocok dan cara pengaplikasian yang smart, pita dapat memberikan kesan cute dan dolly juga.

10. Karet disko:
Sama aja mah sama karet rambut, bedanya cuma ukurannya yang jauh lebih imut dan punya warna-warni yang lebih terbatas daripada karet rambut. Cara pakainya juga sama dengan karet rambut, hanya saja dengan value yang lebih sedikit. Biasanya pemakaian yang digunakan itu lebih dari satu bahkan banyak. Pamakaian aksesoris ini dapat memberikan kesan ceria dan rame pada rambut pemakainya. Untuk dandanan childish dan fresh, karet disko adalah pilihan yang patut dicoba. Tapi tolong diperhatikan agar pemakaiannya tidak terkesan berlebihan atau norak, parlu dipertimbangkan jumlah karet disko yang akan dipakai juga pertimbangan warnanya.

11. Pipa rambut:
Ini termasuk aksesoris yang unik dan ribet makenya, bentuknya berupa pipa kecil beraneka warna yang cara mamakainya adalah dengan memasukkan rambut ke dalam pipa rambut tersebut. Biasanya, rambut dikepang untuk mengencangkan pipa maupun menahan pipa agar tidak melorot. Aksesoris ini juga dapat memberikan kesan yang sama dengan karet disko. Pengaplikasiannya juga tidak jauh berbeda dengan karet disko.

12. Per rambut:
Aksesoris unik juga namun mudah digunakan. Bentuknya menyerupai tulang anjing, yakni terdapat per diantara kedua manik-manik penjepit rambut yang berwarna-warni dan tersedia dalam aneka bentuk. Cara memakainya cukup mudah. Kita tinggal menarik per tersebut kemudian mennjepit rambut diantara rongga per tadi, setelah itu kita lepaskan pernya. Maka otomatis per rambut akan menempel pada rambut. Kekurangan pada aksesoris ini adalah cara melepasnya cukup sulit karena rambut selalu tersangkut ketika ditarik.

13. Rambut palsu mini:
Ini maksudnya aksesoris rambut tambahan yang berupa sejumput rambut palsu mini yang beraneka warna dan dapat ditempelkan atau disambungkan ke rambut untuk mempercantik penampilan rambut kita. Pemakaian eksesoris ini dapat memberikan kesan childish, cute, rame, glamour dan sensual. Untuk event-event tertentu, ini pilihan aksesoris yang patut dipertimbangkan.

14. Bando:
Siapa yang gak kenal aksesoris rambut yang satu ini ? bentuknya sederhana namun sangat berguna dan fashionist. Fungsi utama dari aksesoris ini sebenarnya adalah penyangga rambut. namun karena keberagaman bentuk, motif dan warnanya, maka bando pun punya nilai fashion sendiri. Cara pemakaian bando sangat mudah. Kita cukup memposisikan kedua ujung bando masing-masing pada bagian belakang telinga kita dan menggeser bando hingga mengangkat dan menahan rambut kita. Bando memberikan kesan casual dan simpel pada dandanan kita.

15. Bandana:
Bandana merupakan bando yang terbuat dari kain. Funsinya sama dengan bando namun cara memakainya sedikit berbeda. Kita harus mengalungkan bandana itu terlebih dahulu ke leher kita, kemudian menariknya ke atas hingga menjadi bando seperti seharusnya. Kelebihan bando dibandingkan bandana adalah permukaannya yang lentur tidak seperti bando yang keras sehingga bandana tidak pernah melukai kulit di belakang telinga seperti halnya bando.

Demikianlah serba-serbi tentang macam-macam aksesoris rambut. semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi kita semua. Sebenarnya akan lebih sip lagi kalo ada potonya, tapi kemaren baru kepikiran buat nulis setelah pulang ke rumah. Yah, lain kali kalo main lagi ke sana baru Mecha potoin satu-satu biar lebih jelas. Tapi untuk sementara, puas dulu dengan ini yah ! hehehhe…

Regards,
Mecha_Handayani
Bloger keren tiada tara !
(yosh, tiada hari tanpa narsis!)

About these ads

6 Tanggapan

  1. hai all…numpang promosi nich..aku jual bando n jepit rambut lucu n unik ga ada duanya…boleh diliat2 dulu di facebook:
    Pernak Pernik Shop…

  2. KoK Ga da GaMbRx..?
    Supaya LbiH JLas SoLX da yG Ga aQ Tau bnTuKX…

  3. dan kl aku mau beli porsi bnyak gmn caranya ya.dan harganya jgn terlalu mahal jg ya soalnya buat koleksi saya.tlng sy ditlp ya

  4. aduh aku suka bngt sm smuanya itu.aku pnya dua anak prmpuan bs nga ya kesemuanya itu aku beli dngn porsi sedikit dan harganya berapa ya.tlp aku 97197250

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: