Menghadapi Ujian Nasional

Yak, sesuei janji, inih dia bagianke dua dari tutorial nyontek yang Mecha janjikan. Mecha namakan “macam-macam trik menyontek pantang gagal” kenapa pantang gagal ? karena emang selain cara-cara ini pernah Mecha praktekan, fariasinya juga banyak sekali jadi pantaslah kalau seharusnya pantang gagal. Kalo sampe gagal, ya itu kamunya aja yang odong ! Yuk, disimak apa aja caranya…
1. Make a tattoes.
Modus operasinya dengan menulis contekan pada bagian-bagin tubuh. Paling umum sih, paha dan telapak tangan. Kelebihannya ya mudah dan praktis, masalahnya, kalo ada yang lihat dan mencoba melapor ke pengawas ujian, bisa meninggalkan bukti yang tak terelakkan. Cara mengatasi agar tetap aman, agak ribet tapi dijamin sukses. Gini, dari rumah siapkan botol bekas parfum. Kalo bisa pilih yang ukurannya kecil, seperti spidol misalnya, jadi bisa dimasukkan ke saku atau tempat pensil. Jangan lupa botolnya dicuci sampe bersih, sampe tidak berbau. Lalu, tentu saja siapkan saputangan atau tisu secukupnya. Cara kerjanya, begitu kamu sudah selesai membaca contekan yang kamu tulis di paha atau telapak tangan kamu, yakinlah dulu bahwa kamu sudah tidak membutuhkannya lagi. Jadi, segeralah kamu hapus tulisan itu dengan cara menyemprotkan air dari botol parfum itu (usahakan tanpa suara) ke tulisan yang mau kamu hapus, gunakan sapu tangan atau tisu untuk menghapus tulisannya sampai bersih. Mecha sih lebih merekomendasikan tisu yang bisa langsung dibuang daripada sapu tangan yang bisa meninggalkan bukti.

2. Change Paper.
Cara yang ini agak susah. Butuh kenekatan yang super duper extra. Tapi sangat efektif untuk guru killer yang membuat kita ga bisa nyontek di kelas. Caranya lebih mudah diterapkan dalam ulangan harian. Tapi tidak mustahil diterapkan dalam ujian juga. Tergantung dari kemampuan dan kenekatanmu saja. Caranya begini, pertama-tama, untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu minta kertas lembar jawaban satu lagi, pura-pura kamu bilang kertasnya robek atau basah atau kecoret. Biar ga dicurigai, sebaiknya kamu benar benar membasahi, merobek atau mencoreti lembar jawaban kamu. Ingat, kamu harus merobek atau mencoreti lembar jawaban kamu di tempat yang kira-kira masih bisa kamu gunakan.Setelah kamu dapat kertas cadangan, simpan kertas yang bagus itu dengan rapi. Kerjakanlah soal-soal ujian di kertas yang udah robek tadi. Tidak usah pedulikan jawabanmu benar atau tidak. Pokoknya isi saja. Setelah ujian berakhir, baru kamu ngumpet di tempat yang aman, terus, kamu kerjain semua soal yang berhasil kamu colong tadi bersama lembar jawaban yang udah kamu sediakan tadi dengan benar. Kerjakan sambil nyontek dari buku paket atau buku catatan kamu. Setelah mengerjakan sambil nyontek dengan sukses, inilah saat yang paling sulit, paling bahaya dan paling menentukan. Kamu harus menyelinap dengan berbagai cara untuk masuk ke ruangan tempat jawaban kamu tadi di simpan lalu tukar lembar jawabanmu yang tadi dengan yang ini. Sejujurnya, Mecha tidak menyarankan kamu melakukan hal ini, karena dari semua trik curang ujian, ini yang paling berbahaya. Hanya penjahat-penjahat sekolahan yang stadium akhir atau tukang nyontek profesional berijazah aja yang bisa dengan sukses melakukannya. Tidak ada trik untuk mengatasi resiko cara menyontek yang ini, semua tergantung dari seberapa besar kenekatan dan keberuntunganmu. Kalo dari awal merasa nggak sanggup, sebaiknya pilih cara lain, karena, kalo dari awal kamu udah menjalankan trik ini tapi ga becus nukar kertasnya lagi di ruang guru kan parah. Bisa dipastikan kamu gak bakal lulus mata pelajaran itu. Jadi, kalo kamu masih amatir dalam hal nyontek dengan elegan, sebaiknya jangan nekat.

3. Book for all.
Okeh, lanjut… cara yang ini lebih mudah daripada cara yang tadi. Mecha garansikan dengan semua koleksi upil Mecha yang harganya bakal lebih mahal dari domain website Amazon.com seandainya Amazon jual itu domain dah… pasti sukses. Mecha udah lakukan berkali-kali dalam setiap kesempatan dan tidak pernah gagal. Catetan nih, Cuma pas ulangan harian aja tuh ! okeh, jadi begini caranya, kamu kudu punya buku catatan gado-gado tempat kamu nyatet segala mata pelajaran kamu di situ. Kamu bagi yang rapi, sehingga kamu dapat menemukan mata pelajaran yang kamu mau dengan mudah. Kalo kamu rajin nyatat di buku itu maka dipastikan untuk melakukan trik nyontek yang satu ini kamu akan sukses besar. Caranya sangat mudah, biasanya waktu ulangan kan guru suka nyuruh anak-anak ngumpulin buku catetan di meja guru atau di depan kelas. Nah, kalo kamu punya buku catetan cadangan kan jadi lebih mudah. Kamu cukup posisikan buku catatan campuran kamu di tempat yang mudah dijangkau saat ujian. Setiap kali kamu ga bisa jawab soal, tinggal aja kamu buka buku itu dan nyontek jawabannya dari situ. Kalo kamu takut ketahuan, gampang… begini cara menyiasatinya. Dari rumah kamu juga harus siapkan buku yang sampulnya sama dengan buku catatan campuran kamu. Begitu kamu lihat guru menunjukkan gelagat curiga sama kamu, apalagi sama buku yang sering kamu intipin itu, segera tukar buku itu dengan buku samaran. Jangan pernah kamu mencoba menyembunyikannya di laci meja karena tempat tersebut adalah TKP yang paling besar kemuungkinannya diperiksa lebih dulu. Saran Mecha, mending kamu dudukin aja. Waktu nukarnya juga mesti cepat. Jangan sampai si guru tau.

4. Smart code.
cara ini ada banyak macam variasinya. Kalo Mecha jelaskan satu-satu, bisa-bisa tulisan blog ini Mecha jadikan buku. Secara umum aja dah ! ini cara nyontek yang bisa kita lakukan dengan teman. Maksudnya berpasangan gitu dah. Kalo Mecha mah ogah. Sistem nyontek yang Mecha anut adalah sistem nyontek mandiri. Maksudna, kalo belajarnya sendiri ya nyonteknya juga harus sendiri dong. Cuma waktu ujian SMA semester satu Mecha dapet kesempatan untuk nyontek berpasangan. Biasanya kalo ada yang ngajakin, Mecha langsung nolak. Tapi berhubung yang ngajakin ini adalah teman sekelas yang terkenal sangat pintar dan selalu berhasil menggeser posisi Mecha menjadi urutan ke dua, Mecha jadi penasaran. Setelah interview dikit, akhirna terbongkarlah alasan nyonteknya dia dan rahasia jadi juara satu satiap tahun. Okeh, pada waktu meeting untuk menentukan mata pelajaran mana yang harus Mecha pelajarin sampe tuntas dan mana bagian dia, maksudnya gini, tiap kali ujian itu biasanya kan dua mata pelajaran, jadi, biar belajarnya ringan hingga tuntas, kami bagi satu orang satu mata pelajaran. Jadi, misalnya aja besok itu ujian Matematika sama Bahasa Indonesia, Mecha belajar Matematika, dia belajar Bahasa Indonesia. Nanti, di kelas, pada saat ujian Matematika, Mecha kasih dia jawaban dari nomor awal sampai akhir dengan kesepakatan jawaban beda sebanyak enam nomor biar guru-guru ga curiga kalo diperiksa dengan sistem matrix. Nanti jawaban Bindo yang dikasi ke Mecha juga beda enam nomor biar adil. Nah, sekarang praktek kerjasama di ruang ujiannya. Waktu itu Mecha diajarin untuk meminimalisir isyarat suara. Mecha juga diajarin isyarat bahasa tubuh untuk menjawab soal pilihan ganda. Misalna gini. Ketika akan bertanya, si penanya harus pura-pura batuk untuk memberikan signal kepada si penjawab. Begitu si penjawab memberi respon dengan tepukan ringan pada meja atau mendehem, maka gunakan isyarat jari dengan satu tangan untuk memberi tahu jawaban nomor berapa yang ingin ditanyakan. Misalnya saja ingin minta jawaban nomor tigapuluh satu, maka keluarkan tiga jari terlebih dulu, disusul mengeluarkan satu jari beberapa saat kemudian. Berikan jeda yang sesuai agar si penjawab mengerti nomor berapa yang dimaksud. Setelah itu si penjawab boleh menjawab dengan berbagai macam kode yang sudah disepakati bersama. Misalnya A=pegang kuping, B=pegang hidung, C=pegang kepala atau rambut, D=pegang tengkuk atau bahu. Ciptakan saja kode kalian sekreatif mungkin. Sekarang untuk jawaban essay. Sebelumnya kamu harus belajar bahasa isyaratnya orang bisu, tapi hasil karangan lu sendiri. Waktu itu Mecha diajarin bahasa isyarat dengan satu tangan. Ada 26 kombinasi jari dan posisi tangan yang bisa dibentuk untuk mewakili hueuf-huruf abjad. Nati si penjawab akan memberitahu si penanya jawaban essay dengan menunjukkan kombinasi isyarat tangan itu. Masih banyak kode lain yang bisa kamu buat sendiri.

5. Hide in your tools.
Idenya didapat dari cerita perang troya dan kuda troya yang terkenal itu loh, yang sekarang udah jadi semacam brand dari virus yang dinamain trojan. Ini cara nyontek paling efektif dan kreatif. Inti dari menyontek itu pada umumnya adalah bagaimana kita menyembunyikan contekan kita. Nah, sekarang Mecha mau kasi tau apa kegunaan amunisi yang kita bawa seperti yang dianjurkan pada bagian pertama tutorial ini. Okeh, pada awalnya, seperti biasa siapkan contekan langsung dari rumah, tapi buatlah ukurannya sedikit lebih kecil daripada contekan biasa. Sisipkan dalam alat tulismu. Misalnya, di bagian dalam selongsong pulpen dengan cara memelintir kertas pada isi pulpen, di dalam tutupan type-x, atau pada permukaan mistar. Untuk menampilkan contekan pada penggaris, terlebih dulu poles permukaan mistarmu dengan cairan type-x kemudian tulislah contekan itu di atas permukaan type-x tersebut. Setelah selesai menyontek, jangan lupa mengeruk kembali contekan tadi untuk membersihkan jejak contekan. Semakin banyak amunisi yang kamu bawa, semakin banyak juga tempat yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat persembunyian. Tapi ingat, bawa amunisi dengan jumlah yang masuk akal, ga mungkin kan kamu bawa masuk sekantong plastik penuh pulpen atau selusin type-x maupun puluhan biji mistar yang penuh contekan. Prajurit yang menyandang terlalu banyak pedang pun akan terhambat langkahnya. Jadi sebaiknya kapasitas amunisi yang kamu bawa jumlahnya cukup masuk akal.

6. Cheat with gadget.
Yeah, jaman udah semakin maju, cara nyontek juga jadi lebih modern. Kali ini kita menfaatkan ponsel kita untuk nyontek. Caranya gini, kita ketik materi contekkan di konsep pesan atau aplikasi catatan di ponsel kita. Kalo kamu malas atau ga sempat nyatet, kamu juga bisa merekam suaramu ketika sedang membaca materi contekan tersebut. Untuk contekan berupa gambar atau grafik, menemukan jawaban yang kamu mau. Kamu juga bisa SMSan dengan partner nyontekmu. Pokoknya manfaatkan fitur ponselmu semaksimal mungkin. Nah, sekarang prakteknya di ruang ujian, selundupkan ponselmu ke dalam ruang ujian tanpa ketahuan, letakkan ponselmu di tempat atau saku yang mudah kamu jangkau tapi tidak mudah terlihat orang lain. Jika kamu perlu mendengarkan rekaman contekkanmu, pastikan dulu kalau kamu berambut panjang, geraikan rambut itu dan sembunyikan headset ponselmu di dalam seragammu, di belakang lehermu dan tutupi telingamu dengan rambut untuk mencegah orang lain melihat headset tersebut. Ingat, jangan sampai ponselmu ketahuan.

7. Sticky cheat.
Yang ini nggak kalah kreatifnya. Tapi butuh waktu buat ngerjain. Kalo kamu dapat boocoran bahwa yang jaga ruang ujianmu adalah guru yang killer, kamu bisa pertimbangkan cara ini. Biasanya sebelum masuk ruang ujian, kita akan diperiksa dengan seksama, tapi dengan cara ini kita bisa menyusupkan contekkan lebih dulu ke ruang ujian tanpa ketahuan. Caranya begini, dari rumah kita siapkan contekan yang sudah kita potong dengan ukuran kecil seukuran kartu nama, kemudian, siapkan kertas-kertas bekas stiker dan isolasi double tape. Tau kan ? isolasi yang lengket depan-belakang, bisa kamu dapatkan di toko buku atau alat tulis di kotamu. Sekarang, prakteknya. Kamu harus datang pagi-pagi ke sekolah, paling tidak, pastikanlah bahwa yang baru datang ke kelas itu baru dirimu seorang, kemudian, segeralah kamu menuju ke mejamu dan persiapkan ini. Pertama kamu rekatkan dulu kertas bekas stiker itu secara permanen di bawah meja di bagian yang bisa kamu jangkau dengan mudah ketika kamu duduk. Ingat, bagian mengkilapnya harus manghadap ke bawah. Kalau kamu tidak ounya kertas bekas stiker, kamu bisa pakai kertas nasi yang bisa kamu minta di warung-warung. Setelah itu, tempelkan kertas contekan kke permukaan kertas stiker atau kertas nasi dengan menggunakan double tape. Buatlah beberapa tempat dan hafalkan letaknya di mana dan memuat materi tentang apa. Cara prakteknya midah, ketika kamu butuh contekan itu, kamu bisa mencabut kertas dari bawah meja dan membacanya. Jika kamu sudah selesai, tinggal tempelkan lagi di tempat semula. Efektif, praktis dan defensif.

8. Hidden pocket.
Ini pas banget kalo dikombinasikan sama trik trojan tadi. Di cara ini, kamu bisa menyembunyikan contekan kamu di saku rahasia yang bisa kamu ciptakan sendiri. Cerita dikit nih ya, dulu Mecha selalu jahit lambang di seragam mecha sendiri lho. Soalnya mecha sadar bahwa lambang-lambang itu bisa dijadikan saku rahasia. Sebenernya waktu bikin saku rahasia ini bukan untuk nyontek, tapi untuk mengelabui tukang palak sekolah yang biasanya suka main geledah. Tapi malah bisa bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Nyontek, misalnya. Cara jahitnya gini, untuk lambang osis yang ada di saku, Mecha ga jahit ke empat sisinnya, melainkan hanya sisi bawah dan samping kiri-kanan aja, jadi bagian atas lambang itu bolong, buat saku. Terus lambang sekolah yang ada di atas saku, Mecha lubangi sampingnya. Begitu juga dengan lambang nama dan lambang yang melekat di lengan. Pookoknya, lambang yang bentuknya persegi Mecha lubangi atasnya, tapi kalo l;ambang persegipanjang ya dibolongin sampingnya doang. Kamu juga bisa manfaatin celah ikat pinggang, atau kaos kakimu. Pokoknya tergantung dari dirimu sajalah mau nyelip di mana.

9. Double paper.
Ini trik nyontek yang termasuk tingkat expert alias, kemungkinan berhasilnya akan lebih besar jika tidak dilakukan oleh pemula atau tukang nyontek amatiran. Tapi bukan berarti jadi tidak bisa dilakukan. Konsepnya sederhana aja, kita Cuma perlu bikin kertas contekan kita jadi sama persis dengan lembar jawaban kita. Okeh, sebelum itu, Mecha kasi tau, kalo trik ini lebih pantes kalo diterapkan untuk menghadapi ulangan harian yang lembar jawabannya bisa berupa sobekan bagian tengah buku tulis kita sendiri. Sekarang gini, persiapkan dua buah kertas kosong yang diambil dari bagian tengah buku tulismu. Kertas pertama untuk lembar jawabanmu, lembar satunya lagi untuk contekanmu. Bikin dulu contekanmu dengan menambahkan atribut ulangan seperti nama mata pelajaran, nama lengkap dan kelasmu di bagian atas kertas tadi, kemudian tuliskanlah contekanmu dengan menggunakan poin-poin seperti angka 1.2 dst. Sekarang prakteknya. Pertama-tama sembunyikan kertas contekanmu itu di laci meja atau kamu dudukin sekalian. Lalu, kerjakan dulu pertanyaan yang kamu tau jawabannya. Walaupun udah berencana untuk nyontek, jangan malah ga belajar sama sekali ! paling tidak, kamu belajar secara garis besarnya aja. Kemuudian, untuk pertanyaan-pertanyaan yang kamu tidak tau jawabannya baru kamu nyontek. Cara nyonteknya begini, kamu sembunyikan dulu kertas jawabanmu di tempat kamu mengamankan kertas contekanmu tadi, lalu kamu letakkan kertas contekan itu di atas meja tanpa gentar. Bacalah kertas contekan itu seolah-olah kamu sedang mencermati kembali jawaban yang telah kamu tulis. Setelah kamu mendapatkan jawaban yang kamu inginkan, segera tukar lagi kertasnya dan isikan jawabanmu pada kertas jaeaban yang asli. Tapi kalau kamu takut terlalu banyak melakukan gerakan mencurigakan setiap kali menukar kertas, sebaiknya kamu letakkan kedua kertas itu di atas meja, jika kamu amati pengawas atau guru mata pelajaranmu itu terlihat curiga atau mendekatimu, segera tatap matanya, tersenyum, kemudian seolah mengikuti arah matanya ke lembar jawabanmu yang sekarang ada dua, katakan dengan jelas dan hati-hati, bahwa kamu tengah menyalin kembali jawabanmu ke kertas baru karena kertas yang sebelumnya terlalu romol dan tidak rapih. Jika ia tetap bersikeras melihat kertas yang kamu pegang, usahakan kamu tidak menunjukkan keduanya bersamaan. Cukup geser letak kertas dengan jarimu. Sebelumnya pasti kertas contekan ada di atas dan kertas jawaban ada di bawah, sekarang kamu angkat kedua kertas itu dan dengan gerakan cepat, tukarkan posisi kertas itu sehingga kertas contekan itu yang ada di bawah, lalu, kamu berikan kertas jawabanmu yang asli kepada guru itu. Sementara guru itu tengah menyelidiki kertas yang kamu berikan, cepatlah kamu robek kertas contekan itu. Jika kamu belum sempat nyontekpun relakan sajalah. Lakukan dengan cepat, robek menjadi bagian kecil, tapi sisakan bagian headernya yang terdapat atribut ulangan seperti nama mata pelajaran, kelas dan mana lengkap agar guru percaya kalau itu benar-benar kertas lembar jawaban yang sebelumnya. Ingat, lakukan dengan wajar, jangan tergese-gesa agar gurumu tidak curiga.

10. Emergency exit.
Berikutnya, kebiasaan nnyontek yang bisa dilakukan siapa saja. Apalagi caranya juga sangat mudah dan resiko ketahuannya sama sekali nol. Tapi sayangnya cuma bisa dilakukan sekali, dua kali atau tiga kali kalau kamu emang ga tau malu. Begini, sebelum ujian berlangsung kamu harus bisa menyelundupkan buku paket/buku cetak/apalah lu nyebutnya atau buku catetan tentang mata pelajaran itu di toilet. Kemudian, ketika ujian berlangsung, kamu catat dulu bagian-bagian yang tidak kamu tau apa jawabannya pada sepotong kertas atau telapak tanganmu. Kemudian, pastikan semua pertanyaan yang mau kamu contek itu, sudah ada di kertas atau telapak tanganmu. Kalo kamu tipe o’on yang gak mau belajar dan Cuma ngandalin nyontek, sehingga hampir semua nomor kamu ga tau, ya kamu bagi beberapa bagian. Misaknya sepuluh nomor duluan. Setelah itu kamu minta ijin ke toilet. Di toilet, segera kamu cari jawaban soalnya dari buku paket atau catatanmu. Catat jawabannya. Setelah selesai, kamu kembali ke kelas. Jika kamu masih butuh nyontek, kamu minta ijin aja lagi. Pokoknya lakukan kapanpun kamu butuh, kalo kamu terpaksa bolak-balik sampai enam kali sih, harus siap mental bakal dikatain yang nggak-nggak. Tapi kalo kamu ga malu, sepertihalnya Mecha yang juga ga tau malu, ya sebelum dikritik atau dikatain sama teman-teman dan gurumu, kamu nerocos aja duluan. Bilang aja lagi kena diare. Beres dah !

Demikianlah, trik-trik nyontek yang bisa Mecha jelaskan. Tentu aja sebenarnya masih ada banyak trik-trik nyontek yang lain, tapi sepertinya cukup segini aja, ini jari udah muntir-muntir kagak jelas. Silahkan dipilih mana yang kira-kira cocok dengan situasi, kondiisi dan kemampuan masing-masing. Silahkan dipelajari, kemudian dipraktekan tanpa beban. Semua trik nyontek ini bergaransi koleksi upil dan bolo-bola ketombe Mecha yang Mecha kumpulkan sejak umur nol tahun. Jadi pasti berhasil asal didukung oleh kemauan yang kuat dan kkontrol diri yang baik. Tapi bagi penyontek amatir dan pemula, jangan berkecil hati, karena di bagian ketiganya nanti, akan Mecha bahas tentang cara ngeles defensif buat tukang nyontek goblok yang ketangkap basah ! baiklah, baca kembali tuorial di atas, silahkan dicoba, selamat menyontek dan semoga sukses ! ; )

Regards,
Mecha_Handayani
Blogger keren maut yang selalu eksis hingga kapanpun !!!
(lu udah tau gw narsis kan ? jadi kagak usah gw jelaskan lagi yah !)

9 Tanggapan

  1. kenapa harus ribet-ribet…
    toh sekolah sendiri sekarang2 ni sudah menjamin & mengusahakan agar anak didiknya Lulus semua…
    tau kenapa?
    agar citra sekolah dimata pejabat atasannya tidak buruk. kan klo ada yang tidak lulus, pasti langsung sekolah itu dicap jelek. dan atasannya sekolah pasti dicap jelek sama yg diatasnya lagi, lagi dan lagi dan terus sampai menterinya mungkin…

    kenapa sih kok bisa begitu, jawabanya hanya satu….
    “agar rangking pendidikan di Indonesia naik”
    ingat, Hanya rangking, kenyataanya mungkin tidak sebagus rangkingnya…. buktinya, anak SMP saja (di daerah saya) masih ada yang tidak bisa membaca. padahal pelajaran ini sudah diajarkan di TK sampai SD.
    lalu kenapa bisa lulus?, karena sekolah SD sudah ditekan dari atas bahwa anak harus lulus semua.

  2. Hihihi. Brutal lu ah. Gue makin yakin kalo elu dulunya emang preman.
    Ayo dong, cepat posting tentang cara ngeles kalo ketahuan nyontek. Penasaran dengan gebrakan elu.😀
    Well, apdet terus ya Sist.
    OXOX

    • gw preman? imyut maut gini dibilang preman? anjir banjir dah… ngesoooot…
      tenang aja dah bro… eh, say… dalam waktu dekat itu tutorial bakal nongol. okeh?
      *ketip-ketip*
      mampir terus yah…

      • Sip. Ini juga tiap ari n tiap saat gw pantengin terus blog lu, cuz gw OL liwet hape. Sembari ngecek blog gw juga sih. Khekhe.

      • ah, elu pahn… sampe segitunya… (padahal gw yang maksa) iye, iye, teserah elu dah, gw mah pasrah *pengsan tanpa beban*

  3. waaaw.

    awesome.

    yakakakak.

    keyyen, yang sering bikin saia kecewa kalo lagi nyontek itu…

    bukan, saia belom pernah ketauan kok.

    udah dibikin kebetan capek2, eh, ternyata, ga perlu sama sekali karena yang keluar gampang. giliran susah, lupa bikin kebetan!

    • hahaha, ada juga yang kea gitu tuh. udah gw bikin contekan semalan suntuk, taunya yang keluar yang gw udah apal. maka sia-sialah gw begadang, ah… kadang bete juga tuh… btw, kalo ini ngepost dengan link baru, link lamanya masih aktif ato udah deleted?

  4. Kykny nie penyontek tingkat dunia nich… Mank dh pny pnglmn nyontek brp thn mba?

    • *garuk-garuk keteak*
      euh… jadi malu… ga biasa dipuji sih… biasa ajalah, pengalaman ga banyak, cuma di arab pernah 20 taun, di zimbabwe juga 12 taun, di kuala lumpur pernah 16 tahun hehehe…
      *garuk-garuk ketek lagi*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: