Serba-Serbi Tentang Bunga

Yosh, sekalinya Mecha berusaha serius, pasti kagak pernah bisa. Tapi kali ini benar-benar tulisan serius ! Tadi, pas Mecha pulang dari bank dan lagi nunggu jemputan, iseng-iseng Mecha godain penjual bunga yang lagi mangkal di pinggir jalan. Kagak ada maksud apa-apa sih, cuma mamas penjualnya imut-imut. Jadi yah, buat ngisi waktu aja gituh. Mecha pura-pura nanyain dagangannya, liat-liat bunga apa aja yang dijual, sambil nanya-nanya serba-serbi tentang bunga-bunga itu. Ini dia hasil interviewnya.

1. Orchid a.k.a Anggrek.
merupakan simbol daya tarik, cinta, kecantikan dan kebaikan hati. Kalo orang ngasih bunga anggrek, artinya dia gak mau kehilangan kamu. Ini bunga ngurusnya susah banget, butuh ketelitian dan ketelatenan. Jenisnya juga banyak banget, ada lebih dari 25.000 species. Warna-warninya nggak kalah bejibun, sampe-sampe ada anggrek hitam dan anggrek hijau segala. Mamanya Mecha dulu paling suka sama annggrek bulan. Tapi Mecha paling gak suka ngerawatnya. Tapi nih bunga kalo udah dipotong atau dipetik bisa tahan dua sampe tiga minggu lho. Hehehe…

2. Tulip.
Katanya sih sumber perfect lover. Tpi anehnya kalo ada yang ngasih ni bunga kok maknanya kamu adalah sumber keberuntunganku ? Penjualnya gelo?! Padahal yang Mecha tahu tentang bunga tulip hanyalah bunga itu berasal dari Belanda. Warna-warni bunga tulip bisa dibilang komplit dan penjualannya adalah yang ke tiga terlaris di daerah Eropa.

3. Aster.
Simbol perhatian dan keikhlasan. Kalo ada yang ngasih bunga aster, berarti dia bilang kamu yang terbaik untuk masa depannya. Nama aster sendiri berasal dari kata “star” yang berarti bintang, karena, bentuk bunga aster menyerupai kilau bintang yang sedang memancar. Pilihan warnanya itu ada ungu, biru muda, merah muda, putih, merah dan kuning. Malahan jaman dulu, orang-orang menggunakan daun aster yang dibakar sebagai wewangian untuk mengusir roh jahat. Apa sekarang juga bisa dijadikan alternatif gantinya kemenyan ya ? hehehe…

4. lily.
Wadoh, kalo bunga yang ini tuh merupakan simbol kemuliaan dan kesucian. Tapi, lagi-lagi anehnya kalo ada yang ngasih bunga ini artinya dia ingin kenal ama kamu lebih jauh. Banyak orang suka sama yang putih karena yang putih itu wangi banget tapi yang warna lain scent-free. Kata orang yunani kuno, lily itu berasal dari susu yang ditumpahkan dewi Hera ke permukaan bumi. Makanya orang yunani menjadikan bunga lily sebagai simbol kelembutan. Soalnya susu itu kan lembut, pan banyak yang demen mandi susu ya ! kagak takut tar dirubung semut. Jiah ! lily itu juga beracun loh ! tapi bukan buat kita. Sebagian lily dapat menjadi racun bagi kucing kita. Sebabnya apa, gw udah nanya, tapi mamas itu ga mau jawab. Mungkin dia juga kagak tau kali ya ! trus, beracun buat tikus juga nggak ya? Lagi cari alternatif racun tikus nih ! 😛

5. Rose a.k.a Mawar.
bunga yang paling terkenal di dunia. Dulu waktu kecil, Mecha taunya bunga itu ya mawar. Jadi bunga apa aja Mecha sebut mawar. Trus, waktu sekolah TK Mecha baru tau ada yang namanya melati. Tapi, defenisi bunga buat Mecha saat itu adalah, semua bunga yang warnanya merah namanya mawar dan melati berarti semua bunga yang warnanya putih. Katanya mawar itu simbol cinta, kekaguman, ketertarikan dan rasa hormat. Di inggris, penjualan mawar bisa sampai 22 juta poundsterling per tahun. Padahal bunga mawar itu kan aslinya dari cina yang kemudian dibudidayakan di amerika dan meluas ke afrika dan eropa. Oyah, bunga mawar punya makna sendiri-sendiri berdasarkan warnanya loh ! mawar merah itu artinya ungkapan cinta dan ucapan selamat atas kesuksesan seseorang. Mawar putih itu artinya kesucian dan ketulusan hati, mawar merah muda itu artinya kepercayaan dan kekaguman, mawar kuning itu artinya persahabatan dan kebahagiaan. Sebenarnya masih banyak, tapi yang Mecha ingat dari penjelasan si mamas cuman segitu.

6. Daffodil.
kalo ga salah katanya simbol tanda mata dan cinta yang kagak resmi. Waduh, apa maksudnya selingkuhan ya ? hehehe, tapi kata si mamas, itu artinya kalo ada yang ngasih, berarti dia bilang, kamu segalanya bagiku. Hm… hm… aneh kagak ? bentuknya tuh kayak bunga terompet gituh, katanya sih melambangkan keceriaan. Apa yang liat jadi pengan niup ya ? atau jangan-jangan yang lihat jadi pengen kentut, toh bunyi terompet ama kentut itu kan gak jauh beda, hohoho. Pilihan warnanya itu selain warna kuning ada yang kuning –putih, kuning-oranye, putih-oranye, merah muda dan hijau muda gitu. Oyah, katanya, kalo dafodil udah tumbuh, berarti musim dingin udah berakhir dan akan berganti musim panas.

7. Gladiola.
Simbol kekuatan karakter dan ketulusan. Dia tumbuh sepanjang mei sampe oktober. Warna yang tersedia ada putih, pastel, pink, orange, peach, kuning, merah dan ungu. Gladiola juga ngerawatnya repot kayak anggrek, Cuma lebih sederhana dimengerti bahwa dia bakal tumbuh subur dan jadi bunga yang keren banget, kalo dikasi banyak air, sedangkan bakal menderita parah kalo kekurangan air. Mecha mah, mending miara kaktus deh…

8. Daisy.
Simbol asmara, romantisme, loyal love, gentleness dan innocent. Arti umumnya yah, aku beneran sayang kamu gitu lah. Katanya sih, bunga ini sangat pas kalo dikasihkan ke orang yang smart dan bersemangat agar selalu ceria. Duh, apalagi ya? Lupa tuh tadi di kasi tau apa aja. Maklum, ngecewes ngeliatin mamasnya sih, pas lagi ceramah tambah keren euy… huhuhehehehe…

9. Krisan.
Ini bunga simbol persahabatan. Juga simbol cinta dan kepercayaan. Maknanya jika ada yang memberikan bunga ini padamu, berarti kamu adalah sahabat terbaiknya. Krisan punya nama lain lho di yunani, namanya… krus anthemon yang artinya gold flower, karena dia ini bunga favorit nomer dua setelah mawar tadi. Uniknya, bunga ini punya bentuk yang beragam banget. Ada yang mirip sendok, laba-laba, kancing, bintang, pokoknya beragam deh. Malah, di cina, bunga ini harganya paling mahal loh !

10. Jumlah tangkai bunga.
Katanya, jumlah tangkai bunga juga punya makna loh !
1 tangkai artinya “cintaku hanya untukmu seorang”
12 tangkai ertinya “dua hati yang serasi bersatu”
13 tangkai artinya “I’m your secret admirer”
24 tangkai artinya “setiap saat aku selalu ingat kamu”

Demikianlah sekelumit tentang bunga. Bisa jadi bahan pertimbangan buat valentine tahun depan. Mo gimana lagi, valentine yahun ini kan udah selesai. Gw telat ngepost. Yaudah, big thanks buat yang udah baca tulisan ini sampe kelar. Janag lupa komennya. Orang yang abis baca terus gak komen, sama aja dengan, abis boker kagak cebok. Setuju gaaak ?



Diem berarti setuju ye, hwekekeke, sampe ketemu lagi di uodate selanjutnya. Tha-tha…

Regards,
Mecha_Handayani,
Bloger keren mutlak.
(terimakasih, udah ngijinin gw narsis abis !)

9 Tanggapan

  1. nice post.
    aq suka pmbwaan km pas memaparkan makna bunga.
    hm,km kyanxa asik buat diajak musuhan.
    rival sjati.
    gak mudeng?
    apakah km brsdia melahirkan anak”ku?

  2. Cuma mau komen komennya Selenette. Euh, kok bisa tahu tentang itu Sist? Itu loh, pesan rahasianya Snape ke Harry?
    Keren banget!
    JK Rowling maksud gue.

    Eh, ada Mecha. Halo Cha.😀

    • sengaja luh, emang sengaja. kagak puas flirting di forum, sekarang flirting di blog gw. kagak papeh, tar urusan kita bedua belakangan.
      *mengepalkan tinju*
      *berubah jadi super saiya*

      • *keluarlin cermin bulan sabit*
        PRISM POWER… MAKE UP!!!
        *berubah jadi sailormoon*
        “Dengan kekuatan bulan, kekuatan cinta, serta kekerenan gue, akan menghukummu!” *cling*

        Aduh Cha, jangan cembokur gitu dong. Nih gue kasih bunga Lily.
        *kabur secepat kilat*

      • ya,ya,ya, kita damai dah kalo lu rajin komen di mari… huahahha…

  3. Nggak masalah. Tapi sori kalo aku cuma komen di sini… soalnya yang bikin tertarik ya karena ada soal arti2, simbol2… (makanya juga tertarik Harry Potter ya gara-gara itu).

    • Oh, ga papa juga, orang keren selalu memaafkan kok… jadi gitu yaaaa? sukanya sama yang gitu-gitu yaaa? *apasihini.com*

  4. Setuju sama simbol-simbol bunganya. Tapi kalo boleh kasih masukan, yang tentang lily tuh…kurang ya. Lily itu juga disebut “flower of death”. Bunga kematian. Makanya di pemakaman a la Barat, biasanya bunga yang dipakai itu lily (dan itu juga aku masukkan ke puisiku, “White Lilies for Colin”.

    Mecha tau kenapa JKR masukin nama “Lily” ke dalam ceritanya? Karena selain dia adalah karakter yang suci, tulus, dia juga MATI. Tragisnya, karena nama ini diperlekatkan dengan nama James dan Severus, maka dua karakter ini ikut mati.

    Khusus di kasus Severus, lebih sedih lagi.

    Ingat di HP1, waktu dia nanyain Harry di kelas ramuan tentang fungsi wormswood, aconite, dan asphodel? Itu ada artinya juga lho, Mech. Sebetulnya itu pesan terselubung dari Snape, lho.

    [b]wormswood[/b] artinya kepahitan. Snape itu hidupnya pahit kan.

    [b]aconite[/b] artinya musuh di balik selimut. Ini peringatan tentang Quirrell.

    [b]asphodel[/b] artinya cinta yang berakhir terlalu cepat.

    Intinya dia mau bilang “Dulu aku suka cewek yang meninggal terlalu cepat. Dan sejak itu hidupku jadi pahit. Itulah sebabnya aku peringatkan kamu, Harry. Ada musuh di dalam Hogwarts sini.”

    -Selenette-

    • Waaa… kereeen… celenette keyeeen… thanks ya buat masukannya, silahkan, temen-temen yang mampir bisa b aca komen ini kaaan? jadi gw kaga usah capek-capek sunting, muakakakak… okeh, ditunggu kunjungan selanjutnya yah buk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: